Kamis, 08 Desember 2011

Tahun 2012, Dana PNPM Mandiri Kecamatan Ditambah jadi Rp3 Miliar


Indramayu, Melayu Pos
Anggota Komisi II DPR RI Yani S Miryam menilai konsep bagi rata dana PNPM Mandiri kecamatan sebesar Rp1,5 miliar yang berjalan selama ini dianggap kurang pas. Alasannya, kata anggota Fraksi  Hanura dan anggota Badan Anggaran itu, karena kebutuhan dana pengentasan kemiskinan antara kecamatan yang satu  dengan kecamatan lain itu berbeda. Sehingga, jika konsep bantuan dana PNPM Mandiri Kecamatan dibagi rata, maka hal itu kurang pas. “Konsepnya jangan pemerataan begitu,” ujarnya.

Yani S Miryam mengemukakan hal itu ketika reses bersama sejumlah anggota DPR RI Taufik Efendi, Rahadi Zakaria, Nu’man dan Harun Al Rasyid mengunjungi ke salah satu wilayah di Indramayu yaitu Kecamatan Jatibarang, salah satu penerima dana PNPM Mandiri Kecamatan.

Saat diterima Bupati Hj Anna Sophanah dan suami H Yance serta para pejabat teras Pemkab Indramayu di Pendopo Indramayu semalam, para wakil rakyat usai makan malam, sempat bernyanyi dan bergoyang bersama Bupati dihibur musik dangdut. 

Disebutkan, pada prakteknya dana PNPM Mandiri Kecamatan yang berasal dari hasil pinjaman luar negeri itu dibagikan ke desa-desa. Tiap desa memperoleh Rp50 juta hingga Rp100 juta. Uang itu kecil dan seakan tidak bergaung. 

Apalagi, katanya penggunaan dana PNPM Mandiri Kecamatan itu lebih banyak terserap untuk kegiatan pembangunan fisik. Sedangkan kegiatan ekonomi kerakyatan sangat kecil. Padahal, kegiatan ekonomi kerakyatan yang seharusnya lebih diutamakan daripada kegiatan fisik.

Disebutkan, Komisi II DPR RI Tahun 2012 akan berjuang menambah dana PNPM Mandiri Kecamatan dari Rp1,5 miliar seperti tahun ini menjadi Rp3 miliar. “Kita kebetulan duduk di Badan Anggaran akan perjuangkan kenaikan dana PNPM Mandiri Kecamatan menjadi Rp3 miliar,” katanya.

Dikatakan, Badan Anggaran DPR RI juga menyetujui bantuan untuk mengoptimalkan fungsi RS M.A Sentot Pantura Patrol, sebesar Rp15 miliar. Mudah-mudahan bantuan itu bisa bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Indramayu yang selama ini baru dilayani oleh 1 RS swasta dan 2 RS pemerintah. Asep AS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar