Kamis, 12 April 2012

Awas! Penipuan Berkedok Parcel dari Luar Negeri


Pekanbaru, Melayu Pos
Banyak cara atau trik oleh pelaku penipuan untuk mencari calon korbannya, mulai dari via telepon, SMS undian dan lain sebagainya. Dan yang satu ini, ia mencari mangsanya di dunia maya atau internet. Hal ini dialami oleh seorang ibu Nr yang berdomisili di Pekanbaru, Riau. Awalnya ia saling tukar informasi dan berbagi cerita dengan sang penipu yang mengaku bernama Jend Micheal Barrett yang berdomisi di Boston-USA.

Dalam menjalankan aksinya, penipu ini mengaku sedang mengemban tugas kenegaraan dan tidak lama lagi akan pensiun. Singkat cerita, sang penipu berencana mau liburan ke Indonesia, untuk meyakinkan calon mangsanya dia memberi semua nomor teleponnya (tiga nomor HP) dan disamakan dengan nomor telepon calon korban serta memberi tahu bahwa oleh-oleh berbentuk parcel sudah dikirim dari Boston hari Sabtu 31/3/12 dan surat bukti pengiriman di e-mail. Tiba di Pekanbaru Riau sekitar tanggal 2/3/12. Dan pada hari Senin pagi, ibu Nr menerima telepon yang mengaku bernama Suti via HP bernomor 085773953280 dan bekerja di BC Bandara Soekarno Hatta mengatakan bahwa paket berupa parcel kiriman Jend Micheal Barrett sudah tiba di bandara via jasa angkutan GSL Shipping Express Company United States Of America dan meminta ibu Nr segera membayar pajak dan administrasinya segera sebesar Rp 14.495.000 baru paket tersebut bisa dikirim ke Pekanbaru. Namun ibu Nr protes mengapa tidak di Pekanbaru pembayarannya, Suti mengatakan bahwa jasa titipan GSL tidak memiliki cabang di Indonesia.

Merasa ada yang ganjil dalam hal ini, ibu Nr memberitahu ke SKU Melayu Pos, dan langsung menghubungi si penelepon yang mengaku dari bandara Soekarno Hatta, saat ditanya dia bekerja di BC Soekarno Hatta dan MP mengirim SMS apa benar ada pengiriman paket berupa parcel untuk ibu Nr dari Micheal Barrett, Suti membenarkan dan sedang menunggu dana pajak dan Adm baru dikirim ke Pekanbaru. Dan yang lebih aneh lagi, Suti meminta agar ditransfer ke BCA No Rek 6030833978 An Arianti Kusuma.

Akhirnya Melayu Pos pun langsung menghubungi kantor BC Soekarno Hatta untuk menanyakan hal ini dan diterima oleh Swasti. Setelah dicek, ternyata pengiriman parcel tersebut sama sekali tidak ada. Dan yang bernama Suti juga tidak ada yang bekerja di BC Soekarno Hatta. Dari sinilah mulai terungkap jaringan modus penipuan dan sebelum ini pun sudah ada beberapa orang yang datang ke mereka untuk menanayakan hal serupa, bahkan ada sebagian sudah menyetor uang Rp 30 juta ke rekening pribadi.

Swasti menegaskan pembayaran pajak di setor ke rekening Direktorat Jend Bea dan Cukai bukan ke rekening pribadi. Swasti menghimbau kepada lapisan masyarakat agar jangan langsung percaya dengan pemberitahuan adanya pengiriman berupa paket seperti itu. “Alangkah baiknya di cek ke instansi yang terkait dan jangan menyetor uang ke rekening yang tidak jelas, apalagi yang namanya menyangkut pajak,” himbaunya.                

Sang penipu merasa kedoknya belum diketahui calon korbannya, dua hari kemudian Suti menelepon ibu Nr mendesak agar segera membayar uang tersebut dan tidak menerima uang kontan tapi ditranster, lalu bukti transfernya di bawa ke BC Bandara untuk pengambilan barang paket parcel tersebut. Mp/Tbn

8 komentar:

  1. bagaimana cara melaporkan penipuan jenis ini? karena saya juga sama punya pengalaman. ada teman dari dunia maya dan bilang kirim barang. saya pikir cuma souvenir biasa dan saya tinggal terima saja. tapi ternyata saya di hub pihak malaysia dan diminta membayar sejumlah 950 dolar utk bea masuk nya. saya sebetulnya merasa heran dan berat dengan biaya tersebut, tapi karena tidak enak hati terhadap pengirim,karena dia juga mengirimkan bukti pembayaran pengirimannya,akhirnya sy hub pihak malaysia dan bilang terlalu berat ongkosnya. mereka menyarankan menyicil. saya sdh menyicil 200 dolar..saat saya mau cari pinjaman utk selanjutnya, ada teman yg mengingatkan saya akan penipuan jenis ini.

    BalasHapus
  2. buat ambar, lupakan 200 dollar kamu, jangan kirim lagi, itu jelas penipuan, kita tidak bisa mengadu penipuan ini, kita hanya bisa waspada, sebelum bertindak, cari-cari info dulu di internet supaya jangan jadi korban

    BalasHapus
  3. saya juga baru-baru ini menerima email oenupuan spt ini, dia mengaku SIR WILLIAM PATEY, duta besar inggris di PBB, menjanjikan komisi uang asal mau menerimakan dana deposito miliknya, triknya emang muter-muter segala pake nama LLOYDS BANK PLC UK, tapi pas pengiriman paket, pihak kurir pengiriman minta uang 10 juta utk pengurusan bea cukai paket, sayangnya yang nelpon orang indonesia juga, jadi penipuan ini sangat terorganisir yang melibatkan banyak personil dalam dan luar negeri, hati hati, gali banyak informasi, nomor yang digukanakan biasanya +44770xxxxxxx.
    waspada, sdh banyak korban, sebelum mengirim uang, cari info yang bersangkutan, kalau perlu saat dia nelpon, ungkapkan bahwa dia penipu. semoga kita terlindung dari perbuatan jahat baik yang nyata atau tersmbunyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung oddie pram :
      saya mau tanya dokumen apa aja yang diberikan dari william patey
      soalnya saya juga dapat emailnya ada beberapa yang dia lampirkan seperti :
      1.ID
      2.DEPOSTE BANK
      3.FOTO KELUARGA
      terima kasih dan saya tunggu infonya.

      Hapus
  4. Iya Sy juga dapat dari SIR WILLIAM PATEY, sekali sy balas, minta disiapkan perjanjian macem2, trus browsing kalo-kalo ini penipuan..
    ehhh.. ternyata udh ada yang punya pengalaman ini..
    Trims infonya..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. ini gan link identitas penipu yang saya buat tentang penipu itu,semoga bermanfaat

    http://sandinaora.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Salam kepada semua orang, Allah pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu ini yang mencuri uang kita dengan menyamarkan uang pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala bentuk ucapan manis seperti memberi pinjaman dengan tingkat bunga rendah 2%, semuanya scam kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley perusahaannya adalah satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan sejati yang meminjamkan dengan tingkat bunga 2%, inilah ceritaku, nama saya annisa dari bali, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah mengkreditkan pinjaman saya dengan tepat Rp150.000.000,00 ke Rekening BCA saya, saya harus mengakui ketika mendapat uang, saya terkejut dan Masih kaget sampai tanggal, meski ada beberapa yang menolak karena tidak bisa memenuhi syarat pinjaman. Tapi saya dikabulkan karena keseriusan dan ketegaran saya, banyak yang akan menghubungi ibu rossa tanpa menjawab dan ketika pinjaman mereka dibatalkan, mereka akan memohon kepada ibu rossa tapi bagi saya saya serius dan memantau hal-hal dan sebelum saya mengetahuinya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana saya menunjukkan penghargaan untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan dia meminta agar saya membagikan berita tersebut kepada semua orang di sekitar saya di Bali, dan hari ini saya memutuskan untuk menuliskannya di sini sehingga orang tidak akan jatuh pemberi pinjaman palsu yang menuntut biaya pendaftaran, tuntutan ibu hanya untuk keseriusan dan rasa hormat Anda dan pinjaman Anda akan ada di rekening bank Anda dan sekali lagi saya mengatakan bahwa ALLAH memberkati perusahaan pinjaman rossa stanley untuk hal ini baik untuk orang-orang di benua ASIA dan UNITED NATIONS (PBB) untuk mendukungnya, Anda bisa menghubungi pusat layanan pelanggan rossa stanley dengan menulis layanan pelanggan melalui surat Rossastanleyloancompany @ gmail.com, jika Anda ragu dan perlu klarifikasi mengenai apapun atau isu merasa bebas untuk menulis saya annisaberkarya@gmail.com atau suami saya agungabdullahi@gmail.com Saya melakukan dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya, dan membayar cicilan pinjaman saya pada saat jatuh tempo, ibu Rossa benar-benar Allah dikirim ke Dunia ini.

    BalasHapus