Selasa, 13 Maret 2012

318 Desa di Indramayu akan Miliki Baitul Maal Desa


Indrmayu, Melayu Pos
Untuk memudahkan muzaki atau pemberi zakat menyalurkan zakatnya desa-desa di seluruh Kabupaten Indramayu akan memiliki BMD (Baitul Maal Desa) atau lumbung zakat.

Lumbung zakat didirikan untuk memberdayakan potensi berbagai jenis zakat yang ada di masyarakat, termasuk masyarakat desa sehingga nantinya lumbung zakat itu akan membantu mengentaskan kemiskinan.

Bupati Indramayu Hj Anna Sophana saat menyerahkan bantuan zakat profesi para PNS Indramayu kepada masyarakat desa, kemarin mengemukakan, lumbung zakat sengaja didirikan di setiap desa. Hal itu sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan masyarakat melalui pengembangan potensi zakat masyarakat.

Diakui lumbung zakat itu skalanya kecil alias lingkup desa. Akan tetapi katanya seandainya semua lumbung zakat di desa-desa itu berjalan sesuai rencana maka akan memberikan manfaat langsung terhadap masyarakat lain dalam pengentasan kemiskinan.

Bupati yakin seandainya potensi zakat yang ada di masyarakat itu terus dikembangkan maka jumlahnya sangat besar. Apalagi sebagian besar masyarakat Indramayu terutama di pedesan memiliki pekerjaan sebagai petani dan pedagang. Lumbung zakat akan dikelola masyarakat desa.

Ditambahkan selama ini potensi zakat dari masyarakat ini belum diberdayakan secara optimal. Melalui lumbung zakat desa, diharapkan  potensi zakat di semua desa bisa dikembangkan secara optimal. Karena, para muzaki (pemberi zakat) akan lebih mudah menyalurkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS). Asep AS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar