Kamis, 26 April 2012

Gubernur Prov. DKI Resmikan Sejumlah Fasilitas Olah Raga Bertaraf Internasional


Jakarta, Melayu Pos
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada hari Kamis (19/4) meresmikan 6 fasilitas olah raga milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yaitu; Gelanggang Remaja Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur, Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan Lapangan Tenis Bulungan, Jakarta Selatan.

Diantara sejumlah fasilitas yang baru diresmikan tersebut sudah dimanfaatkan untuk event Internasional SEA Games XXVI Tahun 2011 lalu di Jakarta seperti Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung untuk sekretariat SEA Games di Jakarta, Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok untuk pertandingan Cabor Vovinam, Gelanggang Olahraga Ciracas untuk pertandingan Cabor Kempo, gedung Judo Kelapa Gading untuk pertandingan cabor Judo.

Pembangunan dan pengembangan beberapa fasilitas olahraga merupakan komitmen Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) untuk melayani kebutuhan masyarakat Jakarta agar perkembangan olahraga dan pemuda di DKI Jakarta dapat berkontribusi bagi kejayaan bangsa Indonesia. Hal ini sudah dibuktikan pada SEA Games XXVI -2011, atlet atlat DKI Jakarta mempersembahkan medali terbanyak (49 Emas, 43 Perak, 43 Perunggu) yang akhirnya mengantar Indonesia keluar sebagai juara umum.

Provinsi DKI Jakarta mempunyai 42 kecamatan di lima kota administrasi dan 2 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Seribu, idealnya satu kecamatan memiliki satu gelanggang remaja. Saat ini yang tersedia baru 36 gelanggang remaja yang dibangun pada tahun pada tahun 1970 an. Mengingat usia bangunan yang sudah tua, sewajarnya gelanggang remaja tersebut diremajakan kembali agar menjadi fasilitas olahraga dan pemuda yang representatif.

Pemprov. DKI Jakarta melalui Disorda mempunyai program revitalisasi gelanggang, dimana dari gelanggang dan fasilitas olahraga yang sudah berusia diatas 30 tahun akan segera dibangun ulang. Saat ini ada tiga gelanggang remaja sebagai pilot proyek revitalisasi yang sudah selesai, tahun ini akan selesai pembangunan Gelanggang Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat, dan gedung KNPI Provinsi DKI berikutnya segera dibangun Gelanggang Kecamatan Tambora, Gelanggang Kecamamatan Pasar Minggu, Gelanggang Kecamatan Kelapa Gading.

Pengembangan dalam rangka penambahan prasarana dan sarana Olahraga dan Pemuda sejauh ini sudah dijalani oleh Pemprov. DKI Jakarta, misalnya pada UPT GOR Rawamangun, Lapangan Futsal gedung Squash, dan gedung Bulutangkis, serta pada gelanggang Olahraga Ciracas, penambahan kolam renang, stadion sepak bola, gedung olahraga dan gedung Judo Kelapa Gading. Sedangkan dalam waktu dekat akan dibangun stadion sepak bola, kolam renang dan gedung Squash beraraf internasional di Pasanggrahan Jakarta Selatan sebagai pengganti stadion BLUD Lebak Bulus. Gurning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar