Selasa, 20 Desember 2011

Proyek Dinas PU Tak Jelas


Pangkalpinang, Melayu Pos
Dinas PU kodya belum tranparan dan profesional, terbukti adanya temuan beberapa pelanggaran yang terjadi di Kelurahan Pasir Putih RT 014/03. Tidak ada papan nama proyek yang nampak hasil pengerjaannya saluran air pembuangan. Jalan yang luar biasa hancurpun tak di perhatikan. Jalan ini merupakan akses ekonomi masyarakat, terbukti adanya kegiatan masyarakat dengan adanya pabrik bata merah produk unggulan warga selain banyak pengrajin getas dan kerupuk. “Baik jalan air mangkok menuju ke teluk bayur + 1,5 km maupun yang mau menuju ke jalan raya air mawar + 2 km. Ini jalan sudah lama hancur-hancuran,” kata Amen warga setempat.

Ada lagi temuan pembangunan plat duikert yang pengerjaannya sudah masa selesai juga belum terealisasikan, pengerjaannya luput dari kontrol PU Kota Pangkalpinang. Juga pembangunan kontruksi peninggian saluran sungai di Kelurahan Parit Lalang pengerjaaanya juga belum terealisasikan. Runtuhnya kontruksi saluran sungai disebabkan karena pembangunan kontrusi pondasi awalnya yang kurang tepat atau karena terabrasi karena debit air di bulan ini sangat tinggi.

Pagi pukul 10.10 14 Desember 2011 Melayu Pos menuju kantor PU Kota Pangkalpinang. ”Maaf mas, bapak belum sempat untuk dikunjungi, nanti sore aja ya,” jawab Samin sang asisten.

Ternyata sama parahnya untuk wilayah kabupaten yang lainnya, jalan selan Kabupaten Bangka Tengah dengan nama proyek pemeliharaan jalan berkala yang masa waktunya telah jatuh tempo juga belum terealisasikan sampai berita ini ditulis. Bahkan ada papan proyek di mana materinya masih rancu, contohnya tanggal awal pengerjaan dan tanggal jatuh tempo atau waktu selesai, cukup dengan tulisan 180 hari atau volume yang abu-abu juga. Cukup dengan volume 1 paket, jadi tidak ada satuan yang jelas. Ada juga jika membangun jembatan atau plat duikers yang materinya masih belum jelas contoh bahan baku besi. Untuk bahan baku besi hanya mengunakan satuan diameter saja tidak menggunakan satuan ketahanan besi dengan istilah ST. Contoh ST 48 untuk as atau poros baling-baling kapal ikan atau sejenisnya dengan bobot 50 tonase. Ketahanan besi ini sangat penting sekali untuk mengukur kekuatan jembatan atau sejenisnya supaya pengerjaan proyek untuk kebutuhan hajat  hidup orang banyak ini sangat penting. Sebab kekuatan dan umur suatu bahan material dapat mengakibatakan seperti jembatan Kutai Kartanegara. Bahkan untuk daerah yang sudah maju sistem pengerjaannya sudah mengunakan uji laboratorium sample yang sudah resmi dan diakui di Indonesia. Seperti keterlibatan fakulutas tehnik atau politehnik yang ada hubungan dengan pengadaan barang dan jasa. Serta uji materi di lapangan dan secara laboratorium. Kabupaten yang lumayan jauhnya ini hanpir sama perjalan  Lagoi Bintan ke Tanjung Pinang Kota seingat Melayu Pos dalam perjalanan ke Koba, ibu kota Kabupaten Bangka Tengah. Dengan temuan tersebut untuk wilayah Bangka tengah ketika dikonfirmasikan kepada sang empunya PU. “Sekarang ini banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kendalanya, seperti faktor cuaca, bahan baku dari pabrik pengaspalannya, material juga, tenaga pekerja juga,” jawab Jasmadikun di ruang kerjanya.

“Kalau ada yang melanggar dari koridor hukum yang berlaku atau lalai kami akan tegur bahkan sangsi pencabutan izin,” tegas Jasmadikun.

Pukul 14.30 wib tanggal yang sama di kantor pekerjaan umum dengan melewati jalan belak belok, karena masuk pintu depannya PU. Hanya untuk konfirmasi tentang proyek yang lagi belum terealisasikan kepada sang Sarjulianto sebagai kepala Dinas Pekerjaan Umum. Malah yang nonggol wajahnya sang asisten pintu yaitu pak Samin. ”Maaf pak, bapak lagi sibuk agak sore,” kata Samin lagi. Ada apa sebenarnya dengan sang asisten kalau membukakan pintu hanya terbuka sedikit saja, bahkan terkesan menutupinya sangat buru-buru. Seperti sangat rahasia sekali ruangan yang satu ini. Misteri apa sebenarnya yang terjadi? Marjono/Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar