Selasa, 17 Januari 2012

LSM Korek Anugrahi Piagam Penghargaan kepada Dinas PSDA Provinsi Jabar


Karawang, Melayu Pos
Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menggulirkan puluhan paket pekerjaan normalisasi kegiatan Tugas Pembantuan Operasional dan Pemeliharaan (TPOP) jaringan irigasi saluran sekunder (SS) yang dananya bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2011 yang tersebar di beberapa kabupaten/kota, sebanyak 4 paket berlokasi di Kabupaten Karawang yaitu saluran sekunder (SS) Teluk Bango, SS Bengle, SS Pondok Barat dan SS Asin Baru.

Berdasarkan data dan rencana anggaran biaya (RAB) yang dimiliki Melayu Pos, pekerjaan SS Teluk Bango dilaksanakan CV MSA dengan nilai kontrak Rp 211.689.000 untuk pekerjaan saluran linning sepanjang 400 meter, galian tanah biasa dan pasangan batu belah. Sedangkan pekerjaan SS Bengle dilaksanakan CV RJ dengan nilai kontrak Rp 131.778.000, pemeliharaan saluran sepanjang 6.900 meter untuk galian tanah biasa, begitu juga dengan pemeliharaan SS Pondok Barat dan SS Asin Baru untuk pengerukan tanah lumpur dari sepanjang saluran irigasi.
Hasil pemantauan Melayu Pos bersama LSM Korek Distrik Karawang di lapangan, pelaksanaan pekerjaan normalisasi jaringan irigasi 4 paket pekerjaan kegiatan TPOP jauh lebih baik dan optimal dengan mengedepankan mutu pekerjaan. Pelaksanaan galian tanah lumpur dari saluran irigasi, perataan dan penghalusan tanah lumpur hasil pengerukan terealisasi dengan baik. Alhasil,sejak kegiatan pemeliharaan saluran irigasi dilaksanakan tampak  aliran air mengalir dengan lancar ke areal persawahan pertanian.

Awo Anggara Ketua LSM Korek Distrik Karawang ketika diwawancarai Melayu Pos terkait komitmen LSM Korek untuk memberikan piagam penghargaan kepada Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat mengatakan, sebagai aktifis LSM sudah kewajiban kita untuk bersikap independent terhadap kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah. Kita harus mampu dan berani mengkritisi pekerjaan yang menyimpang untuk perbaikan agar optimal dan sesuai dengan bestek. Sebaliknya kita harus tulus memberikan atau menganugrahi instansi dan kontraktor terkait piagam penghargaan tat kala kegiatan dan hasil pekerjaan optimal  yang bisa dinikmati masyarakat.

Andri Heryanto ST, PPK wilayah I Dinas PSDA ketika diwawancarai Melayu Pos di kantornya (11/1) terkait program normalisasi/pemeliharaan saluran sekunder kegiatan TPOP jaringan irigasi Tahun Anggaran 2012 mengatakan, awal bulan Februari 2012 Dinas PSDA akan melaksanakan pengumuman lelang umum untuk pagu anggaran Rp 200 juta-Rp 300 juta dan lelang sederhana untuk pagu anggaran Rp 100 juta-Rp 200 juta yang tersebar di Kabupaten Bekasi, Indramayu, Cirebon, Karawang dan Subang. Luhut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar