Rabu, 25 April 2012

Bapemas Kab Rohil Programkan Gentakarang dan Desa Binaan Bagi Masyarakat Pedesaan


Bagansiapiapi, Melayu Pos
Akhir April 2012 Bapemas siap turunkan timnya selama kurang lebih 2-3 hari di pedesaan yang ada di Kabupaten Rohil, demi terlaksananya program yang telah lama diprogramkan yang diberi nama Gentakarang (Gerakkan Tanam di Lokasi Pekarangan) serta Desa Binaan bagi masyarakat pedesaan dengan melibatkan para ibu-ibu PKK serta oknum pemerintah perangkat desa yang ada di pedesaan.

Feri Parya selaku Kepala Bapemas Kabupaten Rohil yang dijumpai di ruang kerjanya, Senin (9/3), mengharapkan agar masyarakat dapat turut berpartisipasi serta aktif akan program yang telah lama diprogramkan yang disetujui oleh H Annas Ma’amun baru-baru ini, setelah mengetahui maksud dan tujuan dari program tersebut. Gentakarang yang melibatkan ibu-ibu PKK di tiap pedesaan yang ada di Kabupaten Rohil demi menumbuhkan keyakinan ke para ibu-ibu rumah tangga bahwasanya Gentakarang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian dalam kehidupan berumah tangga yang tentunya melibat peran aktif pada kepala rumah tangga dengan memanfaatkan area pekarangan di sekitar rumah tempat tinggal.

“Tanpa kita sadari bersama bahwa pekarangan yang ada di sekitar pekarangan rumah memiliki potensi tinggi di mana dapat ditanami berbagai tanaman yang membawa manfaat seperti halnya tanaman sayur-sayuran, cabe, dll. Dengan demikian hasilnya tentunya dapat dimanfaat kita sendiri tanpa lagi harus mengeluarkan biaya yang besar dengan memperolehnya di pasar, seperti halnya hukum perekonomian yang berbunyi ‘Berkorban sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya’,” ujar Feri Parya.

Menurut Feri, dengan memanfaatkan area pekarangan rumah dengan menanam hal di atas, tentunya berawal dengan membeli bibit yang dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah dan tentunya dapat dijangkau oleh masyarakat sekaligus dapat memberi pekerjaan dengan sendirinya bagi kepala rumah tangga sembari olah raga.

Feri juga mengatakan, ia sudah mempraktekkan hal tersebut di atas di lokasi pekarangannya saat ini, sehingga sang istri tidak sulit-sulit lagi membeli di pasar hanya tinggal memetiknya sendiri di area pekarangan yang telah ditanami cabe dan uang yang seharusnya dikeluarkan dapat dimanfaatkan ke yang lain serta memiliki kepuasan tersendiri tentunya. “Perihal instansi pemerintah yang dilibatkan seperti halnya Dinas Pertanian, Perkebunan jauh hari sudah dikoordinasikan kepada dinas tersebut yang tentunya seiring dengan program yang telah kita persiapkan,” tandasnya.

“Dan untuk Desa Binaan yang juga merupakan program utama bagi Bapemas untuk masyarakat pedesaan yang ada di Kabupaten Rohil, tentunya bertujuan untuk menjadi pedesaan yang ada menjadi pedesaan yang mandiri yang tentunya berdasarkan potensi yang dimiliki oleh desa yang ada itu sendiri yang tentunya melibatkan pemerintah perangkat desa tanpa memandang bulu atau tanpa melakukan diskriminasi terhadap desa-desa yang ada agar menjadi desa yang maju maupun menjadi desa mandiri tentunya dengan kriteria yang sudah ada seperti halnya salah satunya memiliki potensi alam yang dapat diolah sehingga menjadi pendapatan bagi masyarakat sendiri yang dapat meningkatkan taraf perekonomian setempat,“ tambahnya. I/A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar