Rabu, 11 April 2012

Hot Line 127 Stanby 24 Jam


Karimun, Melayu Pos
Badan Koordinasi Keamanan Laut RI mengadakan serangkaian kegiatan yang tergabung dalam  Forum Discussion Group (FDG) tahun 2012 dengan tema mengoptimalisasi pemberdayaan masyarakat maritim guna menjaga dan mendukung keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Peserta forum discussion group (FDG) ketua assosiasi bidang kelautan di perairan Kalimantan Timur dan para pimpinan perusahaan kelautan serta undangan lainnya sebanyak kurang lebih 30 orang.

Forum discuission group ini diselenggarakan untuk mendapatkan solusi atau masukan dari pengguna laut dalam menghadapi permasalah yang timbul dari aktifitas di laut dengan tujuan agar masyarakat dan pengguna maritim dapat melakukan aktifitas dengan aman dan selamat terbebas dari hambatan atau kendala terkait keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia.

Adanya kegiatan forum discuission group ini sangat berguna ungkap salah satu yang ikut dalam kegiatan tersebut. “Sehingga jika kita mendapatkan masalah di laut kita sangat gampang dalam melakukan akses informasi dan semoga ini dapat meningkatkan keamanan di laut,” ujarnya.

Di dalam forum discuission ini diterangkan mengenai konsep strategi gelar MRCC/RCC, GMDSS dan LRIT Indonesia dan penyediaan jasa informasi di Hotline 127 yang menggunakan biaya bebas pulsa bagi masyarakat pengguna laut/peduli tentang kemaritiman, stakeholder untuk menyampaikan pengaduan bakorkamla, peningkatan kinerja bakorkamla sebagai penjaga laut dan pantai selain itu hotline 127 akan berfungsi mengakomodir berbagai informasi/laporan/pengaduan yang terjadi di laut serta meningkatkan peran serta masyarakat pengguna laut. Jenis informasi yang diadukan keamanan di laut, keselamatan, kegiatan ilegal pencemaran, keluhan pengguna jasa maritim akibat tingkah laku aparat di laut dan masih banyak hal lagi.

Mekanisme pelaporan dalam pengguna hotline 127 pelapor harus disampaikan melalui telpon, HP ke call Center Bakorkamla dalam bentuk suara bukan SMS, laporan yang masuk akan diterima oleh operator stanby 24 jam/7 hari dan setelah itu informasi yang masuk ke call center data base untuk dianalisa.

Dasar penyelenggaran forum discuision group (FDG) Peraturan Presiden No 81 Tahun 2005 tentang Bakorkamla, Peraturan Ketua Badan Bakorkamla/X/2006, program kerjasama bakorkamla Tahun 2012.

Drs A J Benny Mokalu, SH Kepala pusat penyiapan kebijakan keamanan laut ketika ditanya mengenai sistem yang dilakukan Bakorkamla di lautan, “Sebenarnya jika keamanan di laut bisa kita tingkatkan Bakorkamla harus bekerjasama dengan masyarakiat pengguna laut sehingga dengan adanya komunikasi antara masyarakiat dengan bakorkamla,” tegas beliau. Daulay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar