Jumat, 04 Oktober 2013

Darmansyah Husein Mantan Bupati Belitung Barat Izinkan Kapal Hisap Rusak Ekosistem Laut Wilayah Pariwisata

H Darmansyah Husein mantan Bupati Belitung Barat
dan adiknya dr Wiryati Husein
Jakarta (MP) - Dari hasil investigasi yang cukup memakan waktu, akhirnya ditemukan salah satu Keputusan Bupati Belitung Barat H Darmansyah Husein, yang mana keputusan Bupati tersebut dengan Nomor : 004/IUP.E/DPE/2009 tentang Persetujuan Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi kepada PT Bumi Hero Perkasa. Dari data yang ada, sudah sebanyak enam perizinan yang telah dikeluarkan oleh Bupati H Darmansyah Husein pada saat menjabat Bupati.
Dengan adanya perizinan kapal hisap biji timah di laut, maka dengan sendirinya terumbu karang dan habitat laut yang ada di seluruh pantai Kabupaten Belitung Barat akan punah, dikarenakan beroperasinya kapal isap biji timah PT Bumi Hero Perkasa. Dan di sini rakyat Kabupaten Belitung Barat harus tahu bahwa Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sudah melarang beroperasinya kapal hisap PT Bumi Hero Perkasa tertanggal 07 Nopember 2012, izin yang telah dikeluarkan oleh mantan Bupati H Darmansyah Husein tersebut berdampak buruk bagi rakyat Kabupaten Belitung Barat, khususnya para nelayan di pesisir pantai Belitung Barat.
Dihimbau kepada rakyat Kabupaten Belitung Barat segeralah bertindak atas izin yang dibuatkan oleh mantan Bupati H Darmansyah Husein tersebut. Di sini terlihat jelas mantan Bupati tersebut tidak berpihak kepada rakyat Kabupaten Belitung Barat.
Selanjutnya untuk apa rakyat Belitung mendukung H Darmansyah Husein kedepannya. Beberapa tokoh masyarakat di Tanjung Kandang sudah dikonfirmasi, dan semuanya menentang keras adanya kapal hisap di daerah pantai Belitung Barat. Dan beberapa narasumber menyatakan, kebijakan mantan Bupati H Darmansyah Husein untuk izin kapal isap tersebut diduga untuk kepentingan adiknya yang mencalonkan bupati tahun 2013 ini. Dihimbau kepada masyarakat Belitung yang peduli pada lingkungan hidup, segeralah sepakat untuk bertindak terhadap mantan Bupati H Darmansyah Husein yang didukung adiknya dr Wiryati Husein yang mencalonkan bupati sekarang.
Masyarakat Sijuk Badau sudah terbukti melakukan perlawanan dan menentang adanya perizinan kapal hisap biji timah tersebut. Yang mana masyarakat Sijuk Badau sudah melaporkan kepada Menteri Lingkungan Hidup secara tertulis dan Menteri Lingkungan Hidup pun telah menjawab secara secara tertulis, bahwa melarang keras perizinan yang dikeluarkan oleh mantan Bupati H Darmansyah Husesin tersebut, karena tidak sesuai dengan tata ruang yang ada dan akan merusak ekosistem, cagar alam, areal pariwisata yang ada di Kabupaten Belitung Barat yang lagi ramai-ramainya dibicarakan. Dan mohon kepada aparat penegak hukum, agar mencari tahu tentang dikeluarkannya perizinan kapal isap PT Bumi Hero Perkasa. Diduga keras, adanya unsur suap atas perizinan PT Bumi Hero Perkasa. Dengan demikian kami juga memohon agar KPK segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.
“Bersatulah rakyat Belitung untuk menentang kebijakan H Darmansyah Husein tersebut yang intinya akan merugikan rakyat Belitung. Rakyat yang sudah tahu jangan memilih pemimpin yang usdah jelas merugikan rakyat. Untuk apa kita pilih jadi pemimpin lagi, masih banyak pemimpin yang berjiwa besar untuk membangun Kabupaten Belitung,” kata seorang tokoh masyarakat. Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar